Perangkat Jaringan Komputer 


Sumber : Google Image
Selamat Datang di Blog Denis Education ya 😉,

Kali ini saya Sharing tentang Perangkat Jaringan Komputer, semoga bermanfaat :)



1. REPEATER

Sumber : Google Image
Repeater bekerja meregenerasi atau memperkuat sinyal-sinyal yang masuk. Pada media fisik seperti Ethernet, kualitas transmisi data hanya dapat bertahan dalam range waktu dan jangkauan terbatas, yang selanjutnya mengalami degradasi. Repeater akan berusaha mempertahankan integritas sinyal dan mencegah degradasi sampai paket-paket data menuju tujuan.

Aktualnya, device-device jaringan yang bekerja sebagaimana layaknya repeater, seperti active hubs, seringkali disebut “multi port repeater”.
Tidak semua jenis hub memang disebut repeater. Misalnya passive hubs, jenis hub tersebut hanya melakukan transmit sinyal dan tidak meregenerasikannya sebagaimana yang dilakukan repeater

Device –device level lebih tinggi dalam OSI model, seperti switch dan router, umumnya tidak menyajikan fungsi-fungsi repeater. Secara teknis, repeater adalah device layer physical.

Adapun kelemahan repeater, perangkat ini tidak dapat melakukan filter traffic jaringan. Data (bits) yang masuk ke salah satu port repeater dikirim ke luar melalui semua port. Dengan demikian data akan tersebar ke segmen-segmen LAN tanpa memperhitungkan apakah data tersebut sibutuhkan atau tidak.


2. BRIDGE

Sumber : Google Image
Bridge adalah perangkat yang lebih simple dan murah disbanding router. Bridge hanya menyampaikan paket, namun tidk bisa memilah paket-paket mana yang akan disampaikan ke segmen-segmen.
Sumber : Google Image
Sebuah bridge dapat juga mengkoneksikan segmen-segmenn jaringan, tetapi anda hendaknya membuat keputusan yang jeli ketika ingin melepas sinyal-sinyal ke segmen berikutnya. Bridge dapat meningkatkan performa jaringan dengan cara mengeleminasi traffic yang tidak dibutuhkan dan meminimasi peluang-peluang collision. Disamping itu, bridge dapat membagi-bagi traffic ke segmen-segmen yang ada dan melakukan filtering traffic berdasarkan MAC address.

   Berikut ini ringkasn Bridge:

  1. lebih cerdas disbanding hub; mampu menganalisa paket-paket yang masuk dan mem-forward berdasarkan informasi addressing.
  2. mengoleksi dan melepas paket- paket diantara dua segmen jaringan.
  3. menontrol broadcast ke jaringan
  4. merawat address table

3. Network interface card

Sumber : Google Image
Network interface card dalam  bahasa Indonesia sering disebut kartu jaringan (disingkat NIC) adalah sebuat kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari computer ke sebuah jaringan computer. Ada 2 jenis NIC, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet , dan token ring. Adapun NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan dial-up adapter. Atau sering disebut sebgaia network adapter. Setiap jenis NIC diberi nonomr alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Secara teknis, NIC adalah kartu fisik yang terhubung ke slot ekspansi di komputer. Banyak komputer dan perangkat nirkabel sekarang termasuk komponen jaringan terintegrasi yang disebut adaptor jaringan. Ini mungkin kontroler Ethernet dan port yang terpasang ke tepi motherboard atau chip jaringan nirkabel kecil yang terletak di motherboard. Adaptor jaringan mungkin juga merupakan perangkat kecil yang terhubung ke port USB. Sementara istilah "NIC" dan "adapter jaringan" sering digunakan secara sinonim, NIC adalah jenis adaptor jaringan sementara adaptor jaringan tidak selalu merupakan NIC.(https://techterms.com/definition/nic)


Sumber data :

Panduan membangun jaringan computer untuk pemula
Rahmat raifudin  2003

Penerbit : wahana computer (2010)



EmoticonEmoticon